Tanggung Jawab Penulis yang Membuat Anda Tidak Boleh Asal

Tanggung Jawab Penulis yang Membuat Anda Tidak Boleh Asal

Salah satu tanggung jawab penulis dalam dunia profesional berhubungan dengan deadline. Dengan deadline, ada target yang perlu dikejar dan tugas yang perlu diselesaikan. Namun, sifat penulis dalam memenuhi deadline memang berbeda-beda. Pertama, terdapat kelompok penulis yang memenuhi deadline dengan mengerjakan sedikit demi sedikit sehingga kualitas tulisan terjaga.

Namun di sisi lain, terdapat beberapa penulis kurang bertanggung jawab yang menunda pekerjaan hingga waktu mepet. Disinilah sistem kebut semalam terjadi dan membuat kualitas tulisan yang dibuat patut dipertanyakan. Jika anda sebagai penulis masih termasuk golongan kedua, rubahlah kebiasaan buruk tersebut mulai dari sekarang.

Ingat, Hal Ini Bisa Fatal

Internet memiliki jaringan yang tidak terbatas. Sekali saja sebuah artikel di posting, setiap orang di seluruh dunia akan memiliki akses untuk membacanya. Untuk itu, efek yang dihasilkan dari sebuah tulisan bisa berefek ke seluruh dunia apabila tulisan tersebut mempunyai pengaruh kuat dan relasi luas.

Sebagai contoh, mari ambil artikel bertema kesehatan yang bisa memiliki dampak paling fatal. Menurut anda, untuk apa seseorang membuka artikel bertema kesehatan? Mari kesampingkan para pelajar yang sedang mencari materi atau pun orang iseng yang sekadar ingin tahu karena jumah keduanya tidak seberapa.

Tapi lihat sisanya yang berjumlah banyak. Kebanyakan dari mereka membuka artikel karena mengalami masalah kesehatan dan ingin mengetahui cara mengobatinya. Bayangkan, apa yang terjadi jika tips dalam artikel kesehatan dibuat secara asal. Bukannya sehat, kondisi orang yang mengikuti tips tersebut malah akan memburuk.

Di sisi lain, ada banyak pembaca yang sudah tidak mempercayai artikel kesehatan dan lebih memilih langsung ke dokter ketika mengalami masalah kesehatan. Namun, tidak dapat dipungkiri jika jumlah orang yang membuka artikel kesehatan pun tidak sedikit. Mungkin sebagai landasan, adalah hal bijak jika seorang penulis memunculkan jiwa kemanusiaan ketika memegang tanggung jawab penulis.

Walaupun yang dijadikan contoh adalah artikel kesehatan, bukan berarti kehati-hatian tidak perlu diterapkan pada artikel jenis lain. Ingat, tanggung jawab penulis mencakup seluruh tema. Karena adanya penjelasan di atas, artikel bertema kesehatan memang terasa paling perlu diperhatikan. Tapi dapat disimpulkan, setiap tema memiliki kepentingan masing-masing yang juga perlu diperhatikan.

Berikan Pemahaman Pada Pembaca

Karena memegang tanggung jawab penulis, ada baiknya anda memberikan edukasi kepada orang-orang terdekat yang dirasa sering berselancar di internet. Yang dibahas disini bukan hanya tentang tanggung jawab. Ini juga tentang kepedulian terhadap orang-orang sekitar agar tidak terkena dampak buruk dari penulis tidak bertanggung jawab.

1. Beri Saran Untuk Mencari Dari Banyak Sumber

Kebenaran dari suatu hal akan sama sedangkan keasal-asalan akan berbeda satu sama lain. Untuk itu, pastikan bahwa para pembaca mencari info dari banyak sumber. Jika setelah mencari info dari banyak sumber hasilnya tetap sama, suatu informasi dapat dikatakan benar. Itu karena, tidak mungkin beberapa orang asal-asalan dan hasil mereka sama.

2. Prioritaskan Sumber yang Terpercaya

Karena akses tidak terbatas, jumlah artikel yang menyebar di internet sangat banyak. Tentu, hal tersebut membuat artikel dengan sumber tidak jelas pun terus bertambah. Beritahukan pada pembaca agar berhati-hati saat melihat artikel jenis ini. Jika bisa, selalu mencari informasi dari sumber yang terpercaya.

Intinya, kesadaran dari penulis dan pembaca memang diperlukan. Penulis perlu serius dalam membuat artikel dan pembaca perlu berhati-hati saat membacanya. Jika kondisi seperti ini bisa dipertahankan, keamanan dari dampak buruk pun menjadi lebih terjaga. Tentu, memegang tanggung jawab penulis pun tidak akan sesulit kelihatannya.

Bisnis Online