Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Menarik Pembaca

Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Menarik Pembaca

Saat ini banyak sekali orang yang ingin menjadi penulis artikel. Namun, beberapa dari mereka tidak mengetahui bagaimana cara menulis artikel dengan baik serta benar agar pembaca merasa nyaman dan betah dengan apa yang sedang di bacanya.

Penulisan baik selalu berfokus pada inti dan target pembaca. Menurut Indriani Ningtyas (Managing Editor dari Deteksi Jawa Pos), Deteksi selalu fokus pada para remaja sebagai target pembaca. Oleh karena itu, konten harus menarik dan to the point serta tidak menggunakan kalimat bertele-tele.

Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa membuat artikel itu bukanlah merupakan suatu hal sulit. Ia hanya perlu mengeluarkan isi pikirannya kedalam suatu tulisan lalu membuatnya menjadi sebuah rekomendasi jasa penulis artikel terpercaya. Tetapi kenyataannya tidaklah semudah itu. Banyak hal yang wajib diperhatikan untuk bisa menulis dengan baik juga menarik.

Hal-hal Yang Wajib Diperhatikan Ketika Menulis Artikel

Artikel merupakan suatu karya tulis yang berisi ide atau fakta dengan kepanjangan tertentu. Lalu ide atau fakta tersebut dipublikasikan ke suatu media baik online maupun offline. Ide atau fakta tersebut dapat mengajak, meyakinkan, dan menghibur pembacanya. Hal-hal berikut ini harus diperhatikan agar bisa menguasai cara menulis artikel dengan baik.

1. Tema

Tema sudah seharusnya spesifik. Karena biasanya minat para pembaca akan tertarik jika tema itu spesifik. Lalu tujuan penulisan juga harus ditetapkan. Kebanyakan artikel khususnya artikel narasi dan deksripsi mengungkapkan tujuan tulisannya secara tersirat, padahal tujuan penulisan tersebut seharusnya dinyatakan secara tersurat.

2. Judul

Sebelum membaca isi tentu pembaca akan membaca judul terlebih dahulu. Jika judul tersebut menarik, maka ia akan memutuskan untuk membaca isinya, begitupun jika sebaliknya. Oleh karena itu, judul sangatlah penting. Judul yang menarik biasanya ditulis dalam kalimat aktif.

3. Lead (Paragraf Pertama)

Lead atau paragraf pertama juga harus diperhatikan. Pada paragraf pertama setidaknya harus mengandung 4 unsur What, Who, When, Where. Itu akan memberikan nilai positif terhadap pembaca karena memiliki awalan yang jelas. Awal baik akan menghasilkan sesuatu baik juga.

4. Tubuh Atau Isi

Ketika Judul yang menarik disertai dengan Lead yang jelas dan selaras. Cara menulis artikel dengan baik adalah ketika penulis bisa mempertahankan kualitas dan kuantitasnya. Didalam tubuh atau isi inilah penulis bisa mempertahankan juga meningkatkan kualitas dan kuantitas tersebut.

Fokus pada inti cerita adalah kunci untuk mempertahankan kualitas tersebut. Lalu penulis bisa meningkatkannya dengan memperkaya data dan fakta. Penulis juga bisa memperkayanya dengan kutipan dari tokoh-tokoh terkenal. Paling penting adalah keseluruhan isi sudah mencakup 5W+1H.

Nah, inilah mengapa artikel hoax itu selalu menarik. Meski isi didalamnya sebuah kebohongan, tapi banyak orang-orang membacanya bahkan membagikannya. Penulis artikel hoax tersebut tahu apa yang sedang diminati masyarakat dan mengerti bagaimana cara menulis artikel dan bisa menarik minat baca masyarakat.

Struktur Artikel Piramida Terbalik

Struktur ini merupakan salah satu struktur yang bisa menarik minat baca masyarakat dengan mudah. Struktur ini merupakan struktur yang mengutamakan klimaks lalu dilanjut dengan bagian yang kurang penting sampai dengan ke bagian yang sama sekali tidak penting.

Struktur ini menuntut penulis untuk pandai dalam memilah dan memilih fakta atau unsur mana yang kira-kira paling menarik dan penting. Cara menulis artikel dengan mudah adalah dengan menggunakan struktur ini, karena biasanya struktur ini digunakan untuk teks berita dan juga berjalan bagus untuk teks lainnya.

Bisnis Online