Berwisata Di Tengah Pandemi Corona, Amankah?

Berwisata Di Tengah Pandemi Corona, Amankah?

Bagi anda yang mematuhi anjuran pemerintah dengan melakukan kegiatan di rumah saja selama pandemi virus corona ini, tentunya sudah sangat merasa bosan karena belum bisa keluar rumah selama empat bulan kemarin. Jangankan untuk berwisata, untuk pergi ke mall saja anda harus berpikir ulang karena banyaknya peraturan dan tingkat keamanan yang belum bisa dipastikan seratus persen.

Namun, tahukah anda bahwa status new normal yang baru-baru ini diberlakukan di beberapa kota di Indonesia telah membangunkan geliat tempat hiburan dan tempat wisata yang selama tiga bulan ini ditutup. Hal ini tentu saja memberi angin segar tidak hanya bagi para pengelola tempat hiburan dan tempat wisata tersebut, tapi juga bagi anda yang sudah bosan di rumah saja.

Akan tetapi, di sisi lain masih ada keraguan yang bermunculan. Sudah amankah untuk berwisata ketika angka kasus positif covid-19 masih tinggi di Indonesia? Apa saja yang perlu anda persiapkan agar aman berwisata di tengah pandemi? Dan sudah siapkah pihak pengelola tempat wisata memberikan jaminan keamanan bagi para pengunjungnya? Mari kita bahas lebih lanjut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dibukanya kembali tempat wisata di saat pandemi masih terjadi saat ini. Ketua gugus tugas covid-19 di Indonesia menyebutkan bahwa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pengelola tempat wisata sebelum membuka kembali tempat wisata tersebut.

Contohnya seperti pariwisata alam yang diijinkan untuk dibuka kembali adalah yang berada di kabupaten atau kota yang masuk wilayah zona hijau dan kuning dalam peta penyebaran covid-19. Adapun pariwisata alam yang dimaksud meliputi wisata bahari, konservasi perairan, wisata petualangan, taman nasional, taman wisata alam, taman hutan raya dan suaka margasatwa.

Selanjutnya juga dijelaskan bahwa pelaksanaan keputusan untuk dibukanya kembali suatu tempat wisata harus didahului dengan tahapan pra kondisi meliputi edukasi, sosialisasi, dan simulasi sesuai dengan kondisi pariwisata dan karakteristik masyarakat di wilayah masing-masing.

Syarat lain yang harus dipenuhi pengelola tempat wisata adalah terkait protokol kesehatan. Karena tanpa kita sadari saat ini mematuhi protokol kesehatan menjadi kunci keamanan bagi diri sendiri maupun orang lain, apalagi di tempat umum seperti tempat wisata.

Pengelola tempat wisata harus bisa menjamin keamanan para pengunjung mulai dari kesiapan menjalankan protokol kesehatan seperti cek suhu tubuh, menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer, mengecek penggunaan masker atau face shield hingga menjamin kesehatan para pegawainya

Jika semua syarat sudah terpenuhi dan tempat wisata sudah dibuka kembali, maka semua akan kembali lagi pada anda. Sudahkah anda yakin untuk kembali berwisata bersama keluarga atau orang terdekat anda? Jika anda sudah yakin merasa aman untuk berwisata kembali, maka jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan tetap patuhi protokol kesehatan. Selamat berwisata.

Traveling