Begini Cara Jitu Membuat Artikel Bagi Pemula

Begini Cara Jitu Membuat Artikel Bagi Pemula

Artikel adalah karya tulis yang dibuat berdasarkan tema tertentu untuk menyampaikan suatu gagasan berdasarkan data yang ada. Masyarakat tentunya sudah akrab dengan artikel di berbagai platform media sosial yang menampilkan ribuan hingga jutaan tema. Semakin menarik judul akan meningkatkan minat baca yang tinggi.

Sebagian orang yang tidak mengetahui cara membuat artikel, menulis artikel bisa menjadi hal yang sulit. Akan ada banyak sekali kendala diantaranya yang paling umum adalah writer blocks, pembahasan yang tidak sesuai dengan tema atau isi yang cenderung melenceng dari judul. Sementara artikel yang menarik biasanya memiliki struktur yang logis, jelas dan padat.

Bagaimana Cara Membuat Artikel yang Benar?

Cara membuat artikel tidak begitu rumit, Anda hanya perlu konsisten untuk berlatih menulis setiap harinya sampai terbiasa. Dibutuhkan banyak analisa, kreatifititas dan daya imajinasi yang tinggi untuk menulis artikel. Sebab selain menuangkan isi pikiran, penulis pemula perlu mengetahui berbagai macam cara membuat artikel agar tulisan lebih enak dibaca dan terstruktur.

Baca juga jasa penulis artikel judi bagi anda yang sedang membutuhkan jasa tersebut

Langkah Apa Saja yang Bisa Membantu Pembuatan Artikel Bagi Pemula? Secara garis besar, langkah-langkah menulis artikel dapat dibagi menjadi 5 poin penting seperti berikut ini:

Tentukan Tema

Temukan tema besarnya terlebih dahulu, kemudian tentukan turunan dari tema tersebut. Misalnya, tema besarnya adalah tentang Kesehatan Mental, lalu topiknya adalah mengenai berbagai macam penyakit mental. Dari sini Anda bisa menguraikannya menjadi sebuah tulisan.

Setelah tema ditentukan, Anda dapat membuat draf kasaran tentang topik yang sudah dipikirkan. Hal ini biasanya membantu penulisan Anda menjadi lebih tertata.

Mempelajari Referensi

Langkah selanjutnya dalam membuat artikel adalah mempelajari referensi tentang topik yang sudah ditentukan. Anda bisa menggunakan tools apa saja untuk mencari referensi terkait dengan topik. Tujuan pencarian referensi bukanlah untuk ditiru tetapi mempelajari hal yang belum Anda kuasai.

Internet memang selalu menjadi alternatif utama untuk mencari referensi namun perlu diingat bahwa tidak semua sumber dapat Anda percaya sebagai rujukan. Usahakan untuk tetap menggunakan kacamata objektifitas dalam menganalisa sumber yang menjadi acuan.

Mengumpulkan Data

Poin ini hampir sama dengan mempelajari referensi, Anda membutuhkan data-data yang teruji validitasnya. Misalnya jika Anda ingin menulis tentang kesehatan mental, Anda perlu mencantumkan berapa jumlah orang yang menderita penyakit mental di suatu daerah berdasarkan data statistik terpercaya.

Dengan menambahkan data pada artikel, tak hanya bisa mengedukasi pembaca terkait topik yang diangkat namun juga memperkuat isi artikel tersebut. Dengan begitu, usahakan Anda mencari data dari sumber yang benar-benar akurat.

Mengolah Tulisan

Tahapan yang paling penting dalam penulisan artikel yaitu mengolah tulisan. Gunakan unsur 5W + 1H (What, Where, When, Why, Who, How) saat menulis artikel. Nah, di poin pertama tadi Anda sudah membuat draf kasar tentang topik. Selanjutnya, Anda tinggal mengembangkannya menjadi sebuah uraian panjang sesuai dengan poin-poin yang disebutkan di atas.

Buatlah tulisan Anda menjadi sesuatu yang bermanfaat, bukan tentang memojokkan seseorang atau kelompok tertentu. Selain menimbulkan perpecahan, Anda juga berpotensi besar melanggar hukum dan berhadapan dengan pihak berwajib.

Beri Variasi pada Artikel

Variasi yang dimaksud adalah gambar. Kebanyakan orang mudah jenuh bila terus menerus melihat tulisan. Maka dari itu, Anda bisa menambahkan gambar pada artikel untuk menarik perhatian pembaca.

Gambar yang disertakan harus memiliki relevansi dengan isi artikel. Beberapa penulis dapat mendesain sendiri gambar yang akan dicantumkan. Tetapi tak sedikit juga portal gratis untuk mendapatkan gambar berkualitas bagus. Jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya, ya.

Demikian cara membuat artikel yang bisa diterapkan agar tulisan Anda menjadi berkualitas. Teruslah berlatih dan pantang menyerah.

Bisnis Online