Wawancara Geena Davis Tentang Mengubah Wajah Hollywood

Wawancara Geena Davis Tentang Mengubah Wajah Hollywood

Baru-baru ini, wawancara Geena Davis dengan media majalah bergengsi, yaitu Vogue, mulai diunggah ke publik. Aktris yang serba bisa dan sangat menginspirasi itu, berbicara banyak hal. Terutama bagaimana keinginan dia untuk mengubah wajah Hollywood menjadi lebih baik lagi dari pada yang dulu-dulu saat ia baru debut karier aktrisnya.

Geena sempat mendapatkan penghargaan kehormatan dari Oscar karena berani melawan ketimpangan gender di balik dunia Industri Hollywood. Banyak yang kagum akan keberaniannya dalam mengubah stigma bahwa perempuan tidak terlalu penting di dunia hiburan TV dan film.

Tidak diragukan lagi, Oscar memberikan penghargaan khusus bagi aktris senior tersebut. Vogue akhirnya menemui dan wawancara dengan Geena Davis tentang banyak hal khususnya tentang bagaimana dia mengubah Hollywood dari balik layar. Inilah informasi lebih detailnya lagi.

Faktor Penggerak Geena Davis untuk Mengubah Wajah Hollywood

Setelah mendapatkan penghargaan kehormatan Oscar atas keterlibatannya mengenai isu gender, untuk menyetarakannya, Vogue tertarik untuk melakukan wawancara Geena Davis untuk gerakan selanjutnya.

Ternyata, wanita kelahiran 1856 ini sedang mengerjakan sebuah fil dokumenter tentang gambaran yang keliru dari wanita yang berada di industri hiburan. Judul film tersebut nantinya adalah This Changes Everything.

Dalam gerakannya sebagai seorang aktivis gender, tentu Davis juga memiliki faktor yang membuat hatinya terketuk menyuarakan bias gender yang terdapat di lingkungan hiburan Amerika Serikat, yaitu Hollywood.

Susan Sarandon adalah sosok pendorongnya melakukan aksi ini. Davis berkata, bila dia adalah sosok wanita yang sangat inspiratif karena bisa mengungkapkan dan mengatakan apa yang mereka inginkan dari keadilan. Davis juga menyampaikan, dalam hidup adalah harus bersikap sopan serta tidak menimbulkan masalah.

Sampai saat ini, sosok Susan adalah pahlawan baginya karena mampu membuatnya membuka mata akan berbagai masalah di sekitar tempatnya berpijak saat ini.

Selain Bias Gender, Topik Masalah Lain Juga Sedang Diperhatikan Geena

Dalam wawancaranya, ternyata Geena Davis mengungkapkan tidak hanya berkonsentrasi pada masalah bias gender saja. Namun, ada pembahasan lainnya yang perlu diperhatikan dalam masyarakat modern saat ini.

Pada Vogue, ia mengatakan bahwa lembaga penelitiannya belum berkonsentrasi pada pembahasan sifat interseksional, yaitu dengan melihat pada LGBTQ serta karakter disabilitas.

Dua hal tersebut masih jarang dibahas, padahal terdapat 20 persen penyandang disabilitas di seluruh dunia. Namun, hanya 1 persen saja yang bisa menunjukkan bakatnya pada film keluarga. Itu nantinya akan menjadi konsentrasi penelitian selanjutnya.

Sekarang, ia masih fokus pada kesetaraan gender di industri hiburan Amerika. Dia mengatakan sangat memalukan. Meskipun bias tersebut tidak terjadi padanya, tapi rekan-rekan satu profesinya pernah mengalami hal buruk di balik layar Hollywood. Seperti, gaji kecil atau dilecehkan secara seksual.

Kencangnya aktris 64 tahun ini untuk menolak ketimpangan gender di Hollywood, itu karena melihat setengah dari populasi di dunia adalah wanita. Dilihat dari wawancara Geena Davis tersebut, ia tidak ingin wanita lain ikut menjadi korban seperti rekannya di tempat kerja.

Geena Davis