Penghargaan Oscar Geena Gavis Sebagai Aktris Kehormatan

Penghargaan Oscar Geena Gavis Sebagai Aktris Kehormatan

Sudah sepantasnya penghargaan Oscar Geena Davis terima sebagai seorang seniman peran berbakat. Namun, pernahkah mendengar mengenai penghargaan kehormatan dari ajang bergengsi seperti Oscar? Salah satu aktris yang mendapatkannya adalah Geena. Wanita yang sekarang berumur 64 tahun ini, memang mendapatkan penghargaan tersebut.

Apa yang menjadi alasan dari aktris senior tersebut hingga dihormati sedemikian rupa oleh Oscar? Itu karena pendapatnya berani tentang ketimpangan gender di Hollywood. Terutama bagi wanita, ketimpangan ini sangatlah merugikan. Sehingga Geena sengaja membuka pendapat ini ke depan publik.

Sebenarnya dia cukup berani membawa topik sensitif ini ke masyarakat. Bisa saja kariernya akan goyah dengan speak upnya dia tentang bias gender di balik layar Hollywood yang sangat megah.

Geena Davis Merasa Ketimpangan Gender di Hollywood Sangat Memalukan

Sudah cantik, berbakat, pintar dan kritis itu semua ada pada diri Geena Davis. Seorang aktris berkebangsaan Amerika dengan lantang menolak bias gender di Hollywood. Tentu saja, itu terjadi bukan tanpa alasan. Dia sendiri sudah merasakannya.

Berkarier sejak tahun 1979 sebagai aktris hingga sekarang, tentu sudah mengalami banyak hal, entah itu baik atau buruk dalam dunia hiburan. Hollywood sudah dari dulu terkenal sebagai pusat hiburan dunia showbiz dunia. Tempat tersebut adalah kiblatnya.

Namun, pada balik layar tidak ada yang tahu, ada sisi gelap yang telah terjadi di balik layar. Di Los Angeles, tahun 2019, Davis berkesempatan hadir untuk menerima kehormatan penghargaan Oscar Geena Davis atas perannya dalam mendorong para kaum hawa untuk tampil lebih banyak di layar.

Dalam pidato penghargaannya, aktris pemeran film Thelma and Louise mengatakan, semua sutradara yang ada di balik layar Hollywood harus menyelesaikan mengenai isu bias gender itu kepada media secepatnya. Bahkan bisa dibahas dalam satu malam saja.

Penghargaan Oscar Geena Davis, Pencapaian Terbaiknya

Aktris senior ini pernah mendapatkan piala Oscar pertamanya di tahun 1988 sebagai seorang aktris. Tapi untuk mendapatkan penghargaan kehormatan seperti ini, merupakan pencapaian terbaiknya. Karena ini juga merupakan kepercayaan masyarakat terhadapnya sebagai aktivis perempuan yang juga aktris.

Dia memang tidak main-main untuk melakukan apa yang diinginkannya. Terbukti pada tahun 2004, mendirikan lembaga penelitian nonprofit Geena Davis Institute untuk membahas isu-isu gender.

Governors Award yang dihadiri para pelaku industri hiburan Hollywood ini, menjadi kesempatan bagi Geena untuk mengajak juga para tamu undangan untuk membantunya mengurangi kesenjangan gender tersebut hingga mengubah stereotip agar pelaku hiburan wanita, tidak terasingkan.

Sebagai wanita dan seorang aktris, melihat wanita lain yang tidak mendapat keadilan di dunia hiburan, pasti cukup menyakitkan. Maka, inilah pendorong Geena untuk tetap bergerak membahas isu ini sampai tuntas.

Sebenarnya, penghargaan kehormatan tersebut sudah sangat pantas didapat oleh Geena. Dia adalah wanita yang peduli akan sesama untuk menerima hak adil tanpa memandang gender. Semua penghargaan Oscar Geena Davis merupakan kehormatan baginya meski dalam kategori berbeda.

Geena Davis