Mengenal Beragam Tanda Tanda Persalinan Semakin Dekat Calon Ibu

Mengenal Beragam Tanda Tanda Persalinan Semakin Dekat Calon Ibu

Bagi para calon ibu, menantikan persalinan merupakan suatu hal yang patut ditunggu agar buah hati segera bisa merasakan kehidupan tentunya. Untuk wanita dengan kondisi pertama kali, tentu akan sangat mendebarkan dan pastinya memberikan beragam pertanyaan seputar tanda akan persalinan. Mengetahui tentang tanda tanda persalin semakin dekat memang merupakan hal wajib bagi calon ibu tentunya.

Ciri Bahwa Persalin Sudah Semakin Dekat

Berikut merupakan berbagai tanda bahwa bagi para ibu sudah mulai harus mempersiapkan akan terjadi persalin :

  1. Muncul flek

Tidak sebagian wanita menyadari ketika sudah akan melakukan persalinan, dimana akan muncul tanda berupa adanya flek berwarna kecoklatan. Memang bisa dikatakan, munculnya flek sering tidak disadari karena bisa bebarengan dengan keluarnya lendir langsung dari alat kelamin wanita. Sebenarnya, hal tersebut merupakan gejala normal karena memudahkan proses persalinan tersebut nantinya.

  1. Pecah air ketuban

Sebuah tanda yang cukup tidak jelas kapan terjadinya adalah mengenai air ketuban pecah pada saat ibu hamil akan melahirkan. Namun, ketika seorang calon ibu sudah mengalami pecahnya wilayah air ketuban tersebut bisa dipastikan bahwa persalinan sudah sangat dekat. Biasanya akan disusul dengan munculnya rasa nyeri agar setiap gejala tersebut benar bahwa pada ibu akan memulai persalinan tersebut.

  1. Rahim terasa terbuka

Sisi bagian intim milik ibu juga akan mulai menipis, akibatnya jalur pada alat kelamin wanita akan terbuka untuk mempersiapkan proses melahirkan. Jika merasa kurang yakin, pada saat terasa hal tersebut sebaiknya memang melakukan pemeriksaan untuk memastikan secara penuh. Karena memang pada saat kehamilan, segala gejala dan tanda yang muncul harus segera dipastikan memang sesuai keadaan ibu.

  1. Kram perut dan nyeri punggung

Merasakan sebuah tekanan terhadap bagian panggul sehingga menjadi nyeri dibagian punggung merupakan suatu hal penting diperhatikan. Normalnya memang pada bagian tersebut bisa terjadi rasa nyeri akibat bagian otot disekitarnya sedang mulai meregang dan bisa bergeser. Pastinya hal ini sangat wajar terjadi, oleh karenanya pastikan calon ibu bisa menahan rasa nyeri dan pegal tersebut dengan sabar.

  1. Bayi berubah posisi

Maksud disini adalah terkait kondisi perubahan terkait arah badan dan kepala dari bayi akan menuju arah ke bawah. Tentunya dibarengi dengan gerakan pada bayi dimana mulai turun secara perlahan dari bagian kepala terlebih dahulu sebelum melahirkan. Sebenarnya, hal tersebut merupakan proses dimana bayi mulai dalam menyesuaikan posisi dengan penuh terkait kondisi perut ibu.

Beberapa hal seperti di atas merupakan suatu gejala maupun tanda wajar ketika seseorang wanita akan mulai proses melahirkan. Itulah mengapa biasanya akan terjadi beberapa tanda rasa nyeri maupun perubahan dari suasana hati para ibu sebelum akan melahirkan terjadi. Bagi para calon ibu yang pertama kali akan bersalin, tentunya jangan khawatir dan panik jika terjadi beberapa gejala di atas.

Kesehatan