Kota Batu, Kota Wisata Yang Sangat Menawan

Kota Batu, Kota Wisata Yang Sangat Menawan

Tempat wisata di kota Batu tersebar di segala penjuru. Wisata alam maupun buatan tersedia untuk memanjakan para wisatawan. Tidak heran jika kemudian Kota Batu mendapat predikat sebagai Kota Wisata. Kota Batu sebelumnya merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Malang, kemudian menjadi kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang.

Swiss Kecil Di Pulau Jawa

Kota Batu menyimpan potensi wisata alam yang luar biasa, sehingga kota ini dijuluki sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss kecil di pulau Jawa. Berada di daerah pegunungan membuat beraneka ragam bunga dan buah tumbuh begitu subur. Kondisi ini tentu dimanfaatkan oleh pemerintah setempat untuk dikelola menjadi wisata andalan.

Taman bunga merupakan salah satu tempat wisata yang sangat diminati pengunjung. Ada beberapa taman bunga unggulan. Salah satunya yakni Batu Flower Garden, tempat wisata yang dipenuhi bunga-bunga cantik. Berada di satu lokasi dengan air terjun Coban Rais. Mempunyai banyak spot foto dengan pemandangan yang menarik.

Ada pula Taman Bunga Selecta, siapa yang tidak mengenal Selecta? Taman bunga paling populer di Kota Batu. Berada di kawasan yang cukup tinggi yaitu Bumiaji, sehingga udara di taman ini sangat segar. Selain dapat melihat hamparan bunga yang luas, di taman ini juga dilengkapi dengan waterpark.

Taman bunga yang akhir-akhir ini booming dan sering dijadikan tempat foto kekinian yaitu Peternakan Kuda Megastar. Di tempat ini terdapat kebun bunga matahari yang sangat cantik. Selain itu tentu saja ada peternakan kuda, para pengunjung bisa menyewa kuda untuk dinaiki dengan di dampingi penjaga.

Aneka Wisata Petik Buah di Kota Batu

Selain menikmati hawa yang sejuk, berlibur di Batu juga dapat memanjakan lidah dengan menikmati buah-buahan segar. Sensasi berbeda menikmati buah dengan memetik langsung dari pohonnya. Perkebunan buah yang juga dijadikan tempat wisata banyak ditemukan di Kota Batu yaitu perkebunan jeruk dan apel.

Wisata petik jeruk terpusat di kelurahan Selorejo dan Balijestro Batu. Hampir seluruh warga kelurahan Selorejo memiliki dan mengelola kebun jeruk. Jeruk yang khas adalah jenis Jeruk Baby dan Jeruk Keprok Batu. Untuk tiket masuk perkebunan bervariatif, berkisar antara 15.000-25.000. Pengunjung di perbolehkan untuk memetik dan memakan buah jeruk sepuasnya di dalam perkebunan. Umumnya untuk membawa pulang buah jeruk dikenakan tarif per kilogram.

Selain itu ada pula wisata petik apel, dapat ditemukan dengan mudah di daerah Bumiaji. Hampir di sepanjang jalan terdapat informasi petik apel yang dikelola oleh masyarakat maupun dikelola perusahaan wisata. Wisata ini bisa dinikmati sepanjang tahun, namun pengunjung perlu mengetahui bulan-bulan panen agar bisa memetik apel dengan kondisi terbaik. Dengan adanya banyak tempat wisata di Kota Batu membuat pengunjung mempunyai banyak pilihan untuk menikmati liburan.

Traveling