Kenali 5 Penyebab Kencing Sakit Usai Hubungan Intim

Kenali 5 Penyebab Kencing Sakit Usai Hubungan Intim

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa penyebab kencing sakit atau disebut juga disuria yang seringkali dialami pasangan usai melakukan hubungan intim. Dimana kondisi ini patut diwaspadai, terutama apabila sering terjadi. Selain mengganggu aktivitas seksual pasangan, penyakit ini juga berbahaya bagi kesehatan organ vital.

Oleh sebab itu, Anda perlu waspada jika merasakan hal-hal aneh pada alat kelamin, usai berhubungan intim. Jika timbul gejala, ada baiknya bagi Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk menangani permasalahan tersebut lebih lanjut.

Kencing sakit sendiri merupakan salah satu penyakit yang rentan dialami oleh pasangan, khususnya wanita. Namun, kerap juga terjadi pada pria. Maka dari itu, Anda perlu menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim agar terhindar dari gejala penyakit.

Beberapa Penyebab Kencing Sakit Usai Berhubungan Intim

Umumnya, penyebab timbulnya penyakit kencing sakit usai berhubungan seks baru akan teridentifikasi setelah diperiksa oleh dokter. Berikut ini beberapa kondisi yang perlu Anda kenali jika menderita penyakit disuria, diantaranya:

1. Uretritis

Adapun penyakit kencing sakit atau disuria dapat disebabkan oleh uretritis. Dimana uretritis ini merupakan infeksi bakteri atau virus, biasanya menyerang bagian uretra. Sebenarnya perlu Anda ketahui juga bahwa uretritis ini sendiri umumnya sering disebabkan oleh adanya penyakit menular dari seksual.

2. Infeksi Saluran Kemih

Selain itu, infeksi saluran kemih juga bisa menjadi gejala dari penyakit kencing sakit. Adapun infeksi saluran kemih ini disebabkan oleh adanya penumpukan bakteri pada saluran kemih, sehingga mengakibatkan terjadinya peradangan. Infeksi ini juga menimbulkan rasa tidak nyaman ketika menjalani aktivitas seksual.

3. Vaginosis Bakteri

Vaginosis bakteri juga kerap menjadi penyebab kencing sakit. Adapun gejala ini dapat terjadi akibat adanya pertumbuhan bakteri yang tidak terkontrol pada vagina. Kondisi seperti ini dapat disebabkan oleh perubahan kadar pH pada vagina. Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan antibiotik untuk mengatasinya.

4. Atrofi Vagina

Atrofi vagina juga menjadi salah satu penyebab kencing sakit, dimana kondisi ini mengakibatkan jaringan pada dinding vagina menipis dan menjadi kering. Tentunya, hal seperti ini juga bisa mengakibatkan iritasi dan menimbulkan rasa ketidaknyamanan pada saat berhubungan intim.

5. Infeksi Jamur Vagina

Terakhir, kencing sakit juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi jamur pada vagina. Selain wanita, para pria juga kerap mengalami kondisi seperti ini. Salah satu penyebab infeksi ini adalah adanya virus dari jamur candida albicans.

Waktu yang Tepat untuk Berkonsultasi ke Dokter

Jika Anda mengalami kencing sakit usai berhubungan intim, maka ada baiknya konsultasi segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan intens. Berikut ini beberapa gejala kencing sakit yang perlu Anda waspadai dan segera konsultasi ke dokter, diantaranya:

  1. Urine berwarna merah muda, cokelat, atau merah
  2. Rasa nyeri selama kurang lebih 24 jam
  3. Muncul cairan dari vagina atau penis
  4. Urine berdarah
  5. Nyeri punggung
  6. Demam

Apabila Anda mengalami penyakit kencing sakit usai melakukan aktivitas seksual, maka ada baiknya untuk tidak meremehkan atau menghiraukan gejalanya, terutama jika sering terjadi. Masih ada banyak penyebab kencing sakit lainnya yang juga perlu Anda ketahui, usahakan untuk senantiasa menjaga kebersihan organ vital.

Kesehatan