Ini Dia, Teknik Menulis Copywriting yang Mudah dan Menarik

Ini Dia, Teknik Menulis Copywriting yang Mudah dan Menarik

Teknik menulis copywriting yang tepat namun mudah sekarang ini memang sedang dicari. Lebih-lebih di zaman digital, ada berbagai macam metode yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk jualan. Salah satunya ialah menggunakan konten. Dalam sebuah iklan, konten terbagi menjadi dua yakni visual dan copy.

Untuk jenis konten visual, konten ini berbentuk seperti landing page, ilustrasi dan gambar. Namun, untuk jenis copy, berbentuk kalimat atau kata disusun untuk audience. Inilah alasan mengapa saat melakukan digital marketing, dua hal tersebut mempunyai peran sangat penting.

Agar bisa memahami seperti apa pemasaran dengan menggunakan tulisan, kita bisa lebih fokus pada aspek copywriting. Copywriting yang dibuat sudah pasti bukan tulisan biasa. Layaknya metode marketing lain, tujuan dari tulisan ini adalah meningkatkan penjualan produk. Inilah alasan mengapa ada begitu banyak teknik dapat digunakan untuk memperoleh hasil maksimal.

Pahami Audience yang Anda Miliki

Agar dapat membuat tulisan copywriting yang tepat sasaran dan efektif. Teknik menulis copywriting yang harus dilakukan ialah melakukan riset. Saat menjadi seorang copywriting, kita harus memahami dengan baik seperti apa tipe audience sebelum membuat tulisan promosi produk. Hindari membuat tulisan tanpa melakukan riset.

Dari riset yang dilakukan ini, kita dapat menyusun sebuah tulisan promosi secara tepat dan sesuai dengan latar belakang, pemahaman serta kebutuhan audience, sehingga mereka akan menjadi semakin tertarik untuk menggunakan atau membeli produk tersebut. Dengan cara ini juga, kita akan memperoleh hasil maksimal serta jangkauan luas.

Baca juga tentang Ketahui Acara Adat Yogyakarta yang Masih Bertahan Hingga Kini

Menggunakan Headline yang Mendukung

Manusia merupakan makhluk visual, inilah alasan mengapa banyak iklan menggunakan gambar dengan warna mencolok dan membuat promosi menjadi terlihat menarik. Namun, bagaimana cara agar copywriting terlihat menarik? Salah satu caranya dengan menggunakan headline yang terlihat mencolok. Bila hanya sekedar tulisan, audience hanya akan melihat di beberapa bagian saja.

Mungkin, tanpa menggunakan headline, satu atau dua baris bisa tersampaikan dengan baik, namun audience mungkin tak akan membaca semua isi konten. Di sinilah fungsi yang dimiliki headline, tak hanya harus menarik namun juga dapat membuat pembaca menjadi lebih terikat serta mau melihat isi konten.

Agar mencapai di titik tersebut, paling tidak ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat headline yaitu headline menarik perhatian, artikel harus menggunakan kata kunci yang tepat, dan isi artikel harus relevan. Dengan berbagai formulasi tersebut, tujuan dari copywriting bisa kita capai dengan baik.

Perkuat Paragraf Awal

Teknik menulis copywriting yang berikutnya ialah memperkuat awal paragraf. Jika pembaca sudah membaca headline, bagian lain yang nantinya akan mereka lihat adalah paragraf pembaca. Agar mereka tetap melanjutkan membaca hingga selesai, pastikan membuat paragraf utama yang menarik serta melengkapi tulisan dengan unsur yang mengikat.

Paragraf pertama bisa diisi dengan kalimat empati yang akan membuat pembaca jika produk yang dipromosikan ini mampu membantu mereka menyelesaikan masalah. Anda juga dapat memunculkan konflik sehingga membuat pembaca menjadi lebih tertarik, dan jangan lupa perkuat topik yang berada di headline dalam paragraf pertama.

Jadi, sudah tidak bingung menulis artikel copywriting bukan? Memang, pada awal penulisan, kita pasti akan merasakan kesulitan tersendiri, lebih-lebih copywriting bukan artikel biasa. Namun, hal yang harus ditekankan adalah terus berlatih. Selamat mempraktekkan teknik menulis copywriting di atas, semoga bermanfaat.

Bisnis Online