6 Cara Memilih Laptop untuk Pelajar yang Harus Anda Ketahui

6 Cara Memilih Laptop untuk Pelajar yang Harus Anda Ketahui

Bagi Anda yang saat ini tengah mencari laptop untuk menunjang aktivitas belajar putra-putri Anda, maka terlebih dahulu Anda harus mencari tahu bagaimana cara memilih laptop untuk pelajar. Anda harus bisa memastikan bahwa laptop yang akan Anda beli memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan belajar putra-putri Anda.

Untuk itu, mari simak panduan memilih laptop yang tepat untuk menunjang aktivitas belajar:

1. Pilih Laptop yang Memiliki Ukuran Portable

Agar laptop yang dibeli mudah untuk dibawa ke dalam kelas maka sebaiknya Anda memilih laptop yang memiliki ukuran portable. Untuk pelajar, laptop dengan layar sebesar 11-14 inch dan dengan berat sekitar 1.8 kg rasanya sudah cukup untuk menunjang aktivitas para pelajar.

2. Pastikan Body Laptop Terbuat dari Bahan yang Berkualitas

Cara memilih laptop untuk pelajar yang berikutnya adalah dengan memastikan kualitas dari body laptop tersebut. Pilihlah laptop yang bodinya terbuat dari carbon fiber, magnesium, atau aluminum. Laptop yang semacam ini cenderung memiliki ketahanan yang lebih baik sehingga tidak mudah rusak selama digunakan.

3. Perhatikan Kualitas Daya Tahan Baterai yang Lebih Baik

Perhatikan kemampuan baterai laptop yang akan Anda beli. Pastikan laptop tersebut benar-benar mumpuni untuk beroperasi selama 8 jam atau lebih.

4. Perhatikan Spesifikasi Laptop

Cara memilih laptop untuk pelajar yang berikutnya adalah dengan memperhatikan spesifikasi umum dari laptop yang hendak Anda beli. Beberapa titik yang harus Anda perhatikan di antaranya:

• Spesifikasi Layar

Usahakan untuk mencari laptop yang memiliki resolusi Full-HD (1920×1080 piksel). Laptop semacam ini akan menunjang keperluan pengerjaan paper atau riset.

• Spesifikasi CPU

CPU Core i3, Celeron, atau Pentium rasanya sudah cukup mumpuni untuk menjalankan task ringan. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan processor Intel Core M yang memiliki desain ringan dan performanya sudah cukup mumpuni bagi para pelajar.

• Spesifikasi RAM dan Penyimpanan Internal

Perhatikan pula kapasitas RAM pada laptop yang akan Anda beli. Untuk membantu pelajar dalam melakukan multitask, sebaiknya pilih laptop dengan kapasitas RAM sebesar 8GB. Selain RAM, Anda juga harus memperhatikan penyimpanan internalnya. Sebaiknya pilih laptop dengan harddisk Solid-State Drive (SSD) karena kualitasnya yang lebih baik dibandingkan HDD biasa.

• Spesifikasi Lain

Untuk memudahkan aktivitas browsing dan sebagainya, pilihlah laptop yang dibekali dengan Wi-Fi dan port USB Type-A. Namun, apabila Anda ingin yang kualitasnya lebih baik lagi, maka pilihlah laptop yang memiliki port Type-C.

5. Pastikan Laptop dengan OS Windows 10

Sebaiknya pilih laptop dengan OS Windows 10. Sebab, laptop tersebut memiliki performa yang mumpuni dan telah disokong oleh banyak aplikasi populer.

6. Pilih Laptop yang Nyaman untuk Digunakan

Pastikan laptop tersebut benar-benar nyaman saat digunakan. Oleh karena itu, pastikan laptop tersebut memiliki touchpad dan keyboard yang lembut sehingga nyaman ketika digunakan untuk mengetik.

Itulah beberapa cara memilih laptop untuk pelajar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Others